Implementasi Ujrah Tenaga Kerja Perspektif Ekonomi Islam Ud Hsn Desa Konang Galis Pamekasan

Penulis

  • Fahrurrozi IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.56998/jr.v5i01.44

Kata Kunci:

ujrah, tenaga kerja, ekonomi Islam

Abstrak

Ekonomi Islam mengatur tata cara pembayaran upah yang diberikan oleh majikan kepada pekerja dengan prinsip kemanusian dimana antar majikan dengan tenaga kerja harus saling menguntungkan. UD HSN merupakan salah satu pabrik pembuatan petis yang ada di Desa Konang Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu, Bagaimana implementasi ujrah tenaga kerja yang diterapkan pada UD HSN di Desa Konang Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: implementasi ujrah tenaga kerja pada UD HSN perspektif ekonomi Islam sudah memenuhi syarat pemberian upah dalam ekonomi Islam yaitu upah harus jelas dan ada kesepatan bersama mengenai besaran upah, sistem upah, sistem kerja, dan lain sebagainya. Namun jika berbicara mengenai prinsip upah dalam ekonomi Islam yaitu upah yang adil, layak, dan tidak menunda- nunda pembayaran masih belum sepenuhnya terpenuhi di UD HSN dikarenkan pada pekerja bagian sopir dan pengemasan, upah yang diterima masih di bawah UMK Pamekasan.

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2022

Cara Mengutip

Fahrurrozi. (2022). Implementasi Ujrah Tenaga Kerja Perspektif Ekonomi Islam Ud Hsn Desa Konang Galis Pamekasan. Revenue : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Islam, 5(01), 10–20. https://doi.org/10.56998/jr.v5i01.44