DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SRAMBAH, PROPPO, PAMEKASAN

Penulis

  • Hasir IAIN Madura
  • Sakinah IAIN Madura
  • Fahrurrozi Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.56998/jr.v6i02.70

Kata Kunci:

Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi, Program Keluarga Harapan

Abstrak

Program Keluarga Harapan adalah sebuah bantuan tunai bersyarat yang diberikan oleh pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan rakyatnya. Berdasarkan hal itu, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu; pertama Bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Srambah Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. kedua Bagaimana tingkat ekonomi masyarakat dengan adanya pemberdayaan ekonomi melalui PKH di Desa Srambah Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu; pertama Untuk mengetahui implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Srambah Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Kedua Untuk mengetahui bagaimana tingkat ekonomi dan pendapatan masyarakat setelah adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PKH terutama bagi penerima PKH di Desa Srambah Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan prosedur pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan serta yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu pendamping PKH, Kepala Desa Srambah, aparat Desa Srambah dan peserta PKH Desa Srambah.

Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, Implementasi PKH di Desa Srambah yaitu meliputi tepat sasaran, bantuan tunai, jujur dan adil, graduas sedangkan prosedur untuk menerima PKH yaitu verifikasi dan validasi data, pembentukan kelompok, pencairan dan pemutakhiran data. Kedua tingkat ekonomi masyarakat Desa Srambah setelah adanya pemberdayaan melalui PKH sudah ada peningkatan terutama bagi peserta PKH yang memanfaatkan bantuan tersebut untuk berwirausaha. Hal itu dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu dari segi pendapatan, pemilikan kekayaan, jenis tempat tinggal dan pendidikan. Namun pemberdayaan nya kurang maksimal karena para peserta PKH Desa Srambah masih kebingungan dalam pengembangan usahanya seperti yang di sampaikan oleh mereka selama mendapatkan bantuan belum ada semacam pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan skill dan kemampuan para peserta PKH Desa Srambah.

Unduhan

Diterbitkan

24-12-2023

Cara Mengutip

Hasir, Sakinah, & Fahrurrozi. (2023). DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SRAMBAH, PROPPO, PAMEKASAN. Revenue : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Islam, 6(02), 20–31. https://doi.org/10.56998/jr.v6i02.70